Tips & Trick Technic Scream from Me \m/

Scream itu bukan hanya asal berteriak saja atau menyedot suara tapi scream itu ada teknik - teknik nya agar bisa terdengar beda dari scream - scream yang biasanya
berikut saya akan menjabarkan teknik - teknik scream dan band - band yang memakai teknik scream tersebut :

1. SCREAM 


Ini adalah dasar dari semua Scream yang ada untuk melakukannya cukup dengan langkah langkah seperti ini :

- mengeluarkan nafas dengan cara yang agak berat
- biasakan dengan kondisi seperti itu lalu cobalah sambil berteriak (tetapi gag usah banter banter, untuk awal awal kita hanya memerlukan sampai terdengar "teriakan" yang agak berat bila didengar).

Band yang memakai teknik ini : saya kira karena teknik ini salah satu dasar dari teknik - teknik vocal scream jadinya cukup banyak yang memakai teknik seperti ini.


Contohnya : The Used, Alesana,Walls of Jerricho, etc.


2. GROWL 


Teknik Yang Satu ini Memiliki Nama lain yaitu "SCREAM Rendah" karena pada dasarnya Teknik ini Sama Seperti SCREAM Cuman Bedanya itu Bentuk Mulut ketika SCREAM dengan GROWL berbeda. Karena ketika kita melakukan SCREAM bentuk mulut kita biasanya kita buka lebar lebar, namun ketika kita ingin melakukan GROWL bentuk mulut kita harus dibentuk seperti pelafalan huruf " O " sehingga suara yang dihasilkan itu menjadi rendah.

(nb : jika kita tidak terbiasa growl kadang tenggorokan merasakan gatal yang amat sangat sehingga membuat growl itu jadi terputus putus)

Band yang memakai teknik ini : kalau GROWL biasanya hampir dipakai oleh semua band band beraliran Underground.


Contohnya : The Black Dahlia Murder, Atreyu, Carnifex , etc.


3. GRUNT 


Untuk Teknik Scream yang Satu ini Beda dengan SCREAM maupun GROWL, karena GRUNT itu menghisap suara. Dan teknik ini menurut saya adalah teknik yang sangat mudah dipelajari karena kita hanya perlu berbicara dengan menyedot bukan mengeluarkan.


Band yang memakai teknik ini : Sama seperti Scream ,Teknik ini termasuk dasar dari teknik - teknik vocal scream sehingga cukup banyak band - band Undeground yang memakai teknik ini.


Contohnya : Amon Amarth, Job for a Cowboy, Suicide Silence, etc.


4. PIG SQUEALS 


Teknik yang satu ini menurut saya adalah modifikasi dari GRUNT karena pada awalnya teknik ini sama dengan GRUNT (sama sama menyedot) namun suara yang dihasilkan lebih terdengar seperti "Mendengkur" dan lebih melengking daripada GRUNT. Cara untuk Menciptakan suara " Dengkuran " tersebut adalah dengan melipat lidah kita kebelakang lalu baru kita sedot dengan teknik GRUNT yang melengking namun santai, Barulah terdengar Suara PIQ SQUEALS.


Karena teknik ini terbilang agak sulit jadinya band yang memakai teknik ini tidak sebanyak seperti ketiga teknik scream yang sebelumnya. Biasanya PIG SQUEALS banyak ditemukan di Band - Band Metal yang lebih condong ke arah Death Metal atau Grindcore.


Contohnya : Job for a Cowboy, Mucopus, Guttural Secrete, etc.



5. FRY 


Tenik ini juga merupakan teknik modifikasi dari SCREAM , Seperti namanya teknik ini kalo kita dengar suaranya seperti suara yang keluar dari tenggorokan yang kering.

tapi akhir akhir ini saya sharing dengan beberapa vocalist band yang mempunyai karakter vocal fry, mereka mengatakan bahwa teknik ini adalah ciri suara mereka
pertamanya saya tidak percaya tapi setelah saya melihat cara mereka memakai teknik ini
akhirnya saya memang bisa menyimpulkan kalau teknik ini memang adalah dari ciri masing masing karakter suara vocal seseorang

Karena teknik ini terbilang cukup mudah, maka cukup banyak juga band - band yang memakai teknik ini


Contohnya : Lamb of God, Bless The Fall, Screaming Factor(Band Indie Dari Malang), etc.


6. FALSE 


Untuk teknik yang satu ini banyak yang mengatakan bahwa teknik yang satu ini sangat susah karena teknik ini sama halnya seperti SCREAM namun terjadi Distorsi di tenggorokan dan pelebaran bentuk mulut sehingga menghasilkan suara SCREAM yang tinggi namun berdistorsi. untuk mengeluarkan distorsi di tenggorokan ada cara -caranya :

- cobalah berkata "Yheahhh" tapi cara pengeluarannya adalah seperti saat kita berkata "Ehemm - Ehemm" yang menyebabkan tenggorokan kita seperti bergetar
- coba lakukan langkah pertama itu dengan tambahan SCREAM
- lalu untuk membuat suaranya menjadi tinggi, mainkan bentuk mulut anda. seperti halnya kalau ingin semakin tinggi kita harus lebarkan mulut kita
Untuk anda yang ingin belajar teknik yang satu ini. sering seringlah mendengarkan lagu - lagu dari band yang memakai teknik ini, dari sana pasti anda akan menemukan letak penting dari teknik FALSE ini.

Band yang memakai teknik ini : Banyak yang menyangka teknik ini rumit sehingga kurang begitu banyak yang memakai teknik ini, teknik teknik seperti ini banyak di temukan di Band Band yang Beraliran Deathcore, Grindcore, Deathmetal.


Contohnya ; Miss May I, Suicide Silence, The Black Dahlia Murder, etc.


7. DEATH 


Teknik Scream yang satu ini adalah suatu bentuk scream yang sangat melengking sehingga kadang kadang terdengar seperti suara falsetto yang sangat melengking. Kalau menurut saya pribadi teknik ini dasarnya adalah dari basic suara orang itu sendiri. Kalau dari basic suaranya lebih tinggi akan lebih memudahkan untuk mempelajari teknik ini.

Scream ini menurut saya cara melakukannya adalah dari 3 tahap :
1. Keluarkan Suara yang yang bernyanyi yang tinggi
2. Kemudian Suara itu kita buat menjadi Falsetto
3. Dan Tambahkan sedikit distorsi seperti halnya kita melakukan Scream False

Band yang memakai teknik ini : Teknik ini terbilang jarang digunakan karena kesulitannya yang sangat tinggi. Saya hanya menemukan 1 Band Saja yang memakai Teknik ini.


Contohnya : Cradle of Filth (mungkin banyak band band Black Metal lainnya yang memakai teknik ini tentunya dengan nuansa setan dan anti christ yang sangat kental  )


Seperti itulah teknik dasar scream vocal core yang banyak terdengar, biasanya orang - orang yang belajar teknik teknik scream itu kadang - kadang setelah melakukan scream tersebut, tenggorokan mereka terasa gatal atau sakit. Namun kalian harus percaya bahwa disitulah titik yang membangun kita karena tanda - tanda itu bukti bahwa kalian sudah mulai bisa melakukan teknik - teknik tersebut. "Karena saya juga merasakannya".

0 komentar:

Posting Komentar